Senin, 13 Agustus 2012

Tips Kiper Futsal

5 Cara Mengatasi Canggung di Tim Baru

KiperFutsalPost.net – Ketika pertama kali bergabung dengan sebuah tim, tentulah hal pertama muncul itu adalah rasa canggung karena semuanya marupakan hal-hal baru. Dari mulai kawan-kawan satu tim, karakter bermain, pelatih dsb.

Dan sebagai kiper futsal kita dituntut untuk bisa dengan cepat melakukan adaptasi ketika berada dalam sebuah tim baru. Dengan bisa beradaptasi dengan cepat maka performa kita di bawah mistar akan lebih mudah keluar karena tidak ada rasa tertekan.

Setidaknya ada 5 cara dalam mengatasi canggung ketika kita bergabung dalam sebuah tim yang baru, berikut kelima cara tersebut.

1# Kenalan

Hal pertama ketika dalam sebuah tim yang benar-benar asing adalah dengan kenalan, kawan-kawan tentu tak asing dengan istilah “Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Istilah itu ada benarnya, coba deh kawan-kawan kalau pertama kali jalan atau ketemu seorang wanita pasti gugup bin canggung kaya apa. Tetapi begitu berkenalan dan konsisten berkomunikasi rasa gugup dan canggung di awal tadi berubah menjadi rasa sayang *eh

Begitu pula ketika kita bergabung ke sebuah tim baru. Berkenalanlah dengan para pemain, pelatih manager dan orang-orang yang ada sangkut pautnya dengan tim tersebut. Karena tidak sedikit tim yang erat rasa kekeluargaannya memiliki teamwork yang baik.

Ketika kita sudah berkenalan dan secara konsisten dengan para pemain lain tentu kita akan dengan mudah beradapatasi dah mengeluarkan performa terbaik kita tanpa tekanan sebagai “Si Anak Baru”

2# Analisis

Sebagai bentuk proses dalam beradaptasi pada sebuah tim baru, maka ada baiknya kawan-kawan melakukan analisis terhadap kawan-awan satu tim agar kita bisa mengetahui kebiasaan serta karakter mereka.Ini bisa kita lakukan sejak pertama kali kita bergabung, dan salah satunya adalah melalui perkenalan yang sudah di bahas pada poin 1.

Ini bisa kita lakukan sejak pertama kali kita bergabung, dan salah satunya adalah melalui perkenalan yang sudah di bahas pada poin 1.

3# Aktif

Aktif disini adlaah aktif dalam melakukan komunikasi (lagi-lagi komunikasi saya tekankan) serta aktif dalam melakukan gerakan membuka ruang tatkala kawan satu tim terpojok.

Sudah tidak zamannya seorang kiper futsal hanya stay diam berdiri dibawah misatar saja. Saat ini yang dibutuhkan adalah seorang kiper futsal modern yang memiliki kapabilitas seperti seorang pemain, salah satunya adalah passing serta pergerakan. Jika kita bisa seperti itu, maka hal itu merupakan nilai plus baik dimata kawan-kawan satu tim ataupun pelatih
.
4# Jangan Jumawa / Sok

Tidak perlu panjang lebar dalam membahas hal ini, bergabung dalam tim baru  kalem aje ga usah ngerasa paling hebat, mana ada sih yang suka sama anak baru yang sombong bin ngocol.

5# Totalitas

Masuk dalam sebuah tim baru tidak serta merta kita mendapatkan garansi dalam tim inti. Walau begitu tidak usah sedih, SELALU dan tetap berikan BEST PERFORM. Dengan begitu cepat atau lambat jika terjadi peningkatan terhadap kemampuan yang kawan-kawan miliki tinggal masalah waktu kawan-kawan menjadi pilihan utama pada tim baru tersebut.

Itulah 5 cara mengatasi canggung dan cara agar kita bisa cepat dalam beradapatasi pada sebuah tim baru. Bagaimana menurut kawan-kawan?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar